How to find the right shade of foundation

Pernah ngga kalian memakai foundation dengan warna yang salah? Terlalu terang, terlalu gelap atau terlihat sakit karena memakai foundation dengan undertone yang salah? Aku pernah banget dan parahnya until recently aku salah mengenali undertone kulitku sendiri. Hal ini yang menginspirasiku untuk menulis post ini, aku ingin membahas tips dan trik memilih warna foundation yang tepat.

Bagaimana sih supaya ngga salah pilih warna foundation?


Pertama kenali warna kulit kita. Di ruangan dengan  cahaya yang baik, bekacalah dengan kondisi wajah bersih tanpa makeup, rapikan rambut sehingga tidak menutupi leher dan bahu, lalu perhatikan warna dasar kulitmu, apakah warna nya lebih mengarah ke warm (kuning), neutral atau cool (pink). Langkah lain nya adalah dengan memperhatikan warna urat nadi kita, jika berwarna hijau kamu masuk ke warm tone, biru masuk ke cool tone atau neutral tone jika kamu susah membedakan apakah warna nadimu hijau atau biru. Atau bisa juga dengan mengaplikasikan foundation ke bagian belakang rahang. Cara ini menurut aku yang paling baik karena area belakang rahang biasa nya terhindar dari problem kulit seperti redness dan pigmentation sehingga warna nya masih netral dan juga dekat dengan leher. Warna foundation yang tepat juga adalah yang menyelaraskan warna kulit wajah dan leher sehingga makeup kita nampak natural, menyatu dengan keseluruhan warna kulit kita.



Karena kita sedang membicarakan foundation, sekalian ya aku ulas mengenai foundation yang aku gunakan untuk swatch di atas yaitu L’oreal Paris True Match Liquid Foundation. True Match adalah lightweight foundation yang memberikan kulitmu natural and healthy glowing finish. Tekstur nya agak cair dibanding kebanyakan foundation, tidak mengandung wewangian dan cocok untuk segala jenis kulit. Coverage dari foundation ini adalah sheer dan dapat di build hingga medium.





Aku mempunyai beberapa shades True Match dengan kode G untuk warm undertone dan N untuk pink undertone. Berikut swatches dari beberapa True Match yang aku punya.

 G1 Gold Ivory, G2 Gold Porcelain, G3 Gold Vanilla, G4 Gold Beige, G5 Gold Cream

N3 Nude Vanilla, N4 Nude Beige, N7 Nude Ambre

bare face

with L'oreal Paris True Match Foundation

Yang aku suka dari foundation ini karena dia ringan, menutup pori-pori ku dengan sempurna, tidak oxidize dan awet. Aku juga suka karena sedikit produk saja sudah cukup untuk seluruh wajahku, membuat proses makeup lebih cepat. Shade yang pas di kulit NW20 ku sebenarnya adalah N2, namun karena shade N2 sedang kosong, aku me-mix N3 dengan G1 yang warna nya paling terang di antara True Match yang aku punya dengan perbandingan 2:1, dan luckily hasil mix ini cocok di kulit wajahku. Ini bisa juga jadi trik kamu untuk mendapatkan warna foundation yang pas. Mix 2 foundation yang paling mendekati warna kulitmu, bereksperimen lah.


Check warna nadi mu. Warna nadi ku tidak begitu kelihatan di foto karena pengaruh lighting selain itu nadi ku juga mengecil karena efek chemotherapy, namun jika di lihat langsung warna nya lebih mengarah ke biru, itu berarti undertone kulit ku pink.

And this is me wearing L'oreal Paris True Match Foundation dengan makeup lengkap


Okay, that’s it for now, semoga post ini dapat membantu kamu yang masih bingung menentukan shade foundation ya. I will be back soon to announce the winner of my giveaway :D
See ya!

X

Share:

2 comments

  1. Hai ka febrina..
    Ini aku rima dari grup Sociolla di Line.. ^^

    Folback ya :)
    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Hi thank you for visiting. It'll be nice to hear feedback from you :)