Rever Academy x Beauty Blender Indonesia Event






24 Agustus kemarin I was lucky enough bisa ikut meramaikan acara beauty class Rever Academy x Beauty Blender Indonesia. Beauty Class ini dipandu oleh Mrs. Riva Tamara, a professional makeup artist yang juga adalah managing director of Rever Academy. Mrs Riva memberikan tutorial serta tips&trick untuk mendapatkan daily makeup yang fresh, flawless without looking cakey or lebay. Ga mau kan keliatan pake topeng atau tiba-tiba makeup meleleh atau retak during your activity karena pengaplikasi an yang terlalu tebal dan salah?
Ini dia step by step nya :)
bare face

1. Rapikan alis
  • Alis memegang peranan penting untuk mendapatkan polished look. Walau dandanan kita sudah bagus dan rapi, kalau alis kita masih berantakan tentu saja tidak akan enak di pandang. Jadi sebelum memulai rutinitas makeup, sebaiknya kita rapikan alis kita dulu. Gunakan silet pencukur alis untuk membentuk alis dan gunting kecil untuk merapikan rambut alis yang berantakan. Watch this video for a simple tutorial how to trim your eyebrow. 

2. Aplikasikan primer
Primer adalah cream atau lotion yang di aplikasikan setelah skin care dan sebelum foundation / concealer yang dapat membantu makeup lebih halus, lebih menempel dan makeup lebih tahan lama. Sekarang ini tersedia berbagai macam primer untuk segala kebutuhan. Primer untuk wajah, mata, bibir, primer untuk kulit dry, normal, oily, primer dengan pilihan warna untuk koreksi warna wajah ataupun primer dengan matte or dewy finish. Kita tinggal memilih sesuai kebutuhan dan jenis kulit kita.
Tips: gunakan primer dengan warna pink atau ungu supaya wajah terlihat lebih cerah dan berbinar
3. Define your eyebrow
  • Sekarang alat untuk menggambar alis juga sudah beragam, tidak hanya dengan cara klasik dengan pensil alis, tapi juga ada eyebrow powder, eyebrow gel dan bahkan yang berbentuk liquid. Gunakan eyebrow powder untuk hasil yang lebih natural.

image source: makeup.com
  • Jangan sampai salah membentuk alis. Alis yang terlalu menukik, terlalu panjang ataupun terlalu pendek tidak akan terlihat bagus di wajah kita. Gambar di atas menunjukkan bagaimana cara membentuk alis yang benar. Gunakan kuas eyeshadow yang panjang dan ramping untuk mempermudah kita menandai letak yang tepat.

  1. Ujung dalam alis harus sejajar dengan bagian luar hidung. Jangan terlalu ke depan atau keluar supaya wajah terlihat simetris
  2. Dengan ujung kuas tetap di samping luar hidung, arah kan kuas sejajar dengan bola mata kita, di sana lah letak lengkungan alis yang tepat.
  3. Lalu tarik lagi kuas hingga sejajar dengan sudut ujung mata luar, di situ lah ujung luar alis kita berakhir.
  4. Sebaiknya letak ujung luar dan ujung dalam alis sejajar, lagi-lagi agar wajah kita terlihat simetris.
  • Dan jangan lupa bentuk alis kita sesuai dengan bentuk wajah kita masing-masing. Memang sekarang sedang nge trend bentuk alis straight a la Korean girls, tapi ingat, tidak semua bentuk wajah cocok dengan tipe alis yang seperti itu. Here's some guide to shape your eyebrows for every face shape.
image source: yourbeautyblog.com



4. Eyeliner
  • Untuk daily look, tidak perlu aplikasi eyeliner yang berlebihan. Cukup gunakan metode tightline aja supaya mata lebih terlihat lebar dan terbuka. Cek video ini untuk belajar bagaimana aplikasi tightline yang benar.
5. Eye tape
  • Eye tape digunakan untuk menegaskan lipatan mata, digunakan sesuai kebutuhan dan jenis mata. Eye tape ini sangat efektif digunakan pada wanita dengan tipe mata hooded dan monolid, supaya mata terlihat lebih terbuka, supaya riasan mata lebih terlihat.
6. Falsies
  • Menggunakan falsies untuk daily makeup bukan hal yang tabu kog asalkan kita menggunakan falsies yang natural. Save the thick and long ones for night look, ladies. Supaya dandanan mata terlihat lebih flawless, rekatkan bulu mata asli dan palsu dengan menggunakan lem bulu mata. Tipis-tipis saja ya, dan hati-hati saat melepas falsies, supaya bulu mata asli kita ngga ikut tercabut. Untuk kamu yang memiliki mata yang bentuk nya tidak simetris kanan dan kiri, tips nya adalah koreksi mata terlebih dahulu dengan eyeliner, baru setelah itu kita aplikasi kan falsies menurut garis baru yang sudah kita gambar dengan eyeliner.
7. Eyeshadow
  • Untuk daily look, gunakan warna-warna earthy tone seperti copper, taupe atau coklat. Pertegas mata dengan mengaplikasikan eyeshadow di bagian bawah mata juga.

8. Mascara
  • Jangan lupa aplikasikan mascara di bulu mata atas dan bawah supaya bulu mata lebih lentik dan mata lebih terbuka.

9. Foundation & Concealer
  • Pilih foundation dan concealer yang sesuai dengan jenis dan warna kulit kita. Mengenali warna kulit dan jenis undertone kulit kita masing-masing sangat penting dalam pemilihan foundation, karena memilih foundation yang salah bisa membuat total look kita hancur karena warna foundation dan warna wajah dan leher tidak sesuai. Selain pemilihan foundation & concealer yang tepat, pemilihan alat untuk pengaplikasian nya pun juga penting. Ada 3 macam cara untuk mengaplikasikan base yaitu jari, kuas dan sponge. Masing-masing ada plus dan minus sendiri-sendiri;
  1. Kuas: lebih cepat mengaplikasikan base namun butuh waktu lebih lama untuk mem-blending base karena kuas biasanya meninggalkan garis-garis bekas sapuan di kulit kita, jadi kita perlu menghaluskan garis-garis nya lagi supaya halus.
  2. Jari: base lebih mudah di ratakan dengan jari, if you need more coverage pengaplikasian dengan jari juga lebih bagus namun waktu pengaplikasi an lebih lama dan juga kebersihan jari harus diperhatikan.
  3. Sponge: blending dan pengaplikasi-an lebih cepat namun sponge lebih cepat kotor, jadi kebersihan nya juga harus lebih di perhatikan
  • Alat favorite Mrs. Riva untuk mengaplikasi kan base adalah sponge, dan beliau adalah pengguna setia Beauty Blender karena aplikasi dan blending jadi lebih praktis. 
  • Tips menggunakan Beauty Blender adalah gunakan dengan kondisi lembab/damp. Basahi terlebih dahulu di bawah keran air, peras dan Beauty Blender siap di gunakan. Aplikasi kan Beauty Blender dengan tapping motion atau dengan cara menekan-nekan sponge nya pada kulit supaya base lebih melekat di kulit dan membaur dengan bagus.
  • Perbedaan Beauty Blender dan sponge biasa adalah pada hasil akhir nya. Regular sponge biasanya meninggalkan garis atau trace pada wajah hingga kita harus lebih teliti mengaplikasikan base but it requires more time. Tapi dengan Beauty Blender hasil nya smooth, edge-less sehingga kita bisa menghemat banyak waktu. Sangat praktis dan cocok untuk daily makeup apalagi kamu yang dikejar waktu.
  • Dan, sekarang juga tersedia Beauty Blender micro untuk pengaplikasian concealer di area sekitar hidung yang sulit di jangkau sponge biasa dan juga untuk area mata. Cute banget loh BB yang micro ;)



10. Powder
  • Sealed your base supaya tidak cepat lumer dan bergeser. Lagi-lagi jangan lupa memilih bedak yang pas untuk jenis dan warna kulit kita. Aplikasikan dengan tapping motion juga supaya bedak lebih menempel sempurna, jangan di geser karena akan menggeser bedak dan base yang lain, hasil nya jadi tidak flawless. Untuk kulit normal dan kering bisa menggunakan compact powder sedangkan untuk kulit kombinasi dan berminyak bedak tabur lebih cocok.

11. Contour & Highlight
  • Contour dan highlight diperlukan agar wajah tidak terlihat flat, lebih berdimensi.
  • Aplikasikan highlight di tulang hidung, pipi, pelipis dan cupid bow. Untuk kulit kuning langsat dan putih / fair skin pilih highlight dengan warna pink atau putih. Sedangkan untuk kulit sawo matang dan gelap pilih warna beige.
  • Jika highlight digunakan untuk menonjolkan fitur wajah, contouring digunakan untuk menyembunyikan fitur wajah yang kurang sempurna seperti hidung yang kurang ramping, tulang pipi yang kurang menonjol atau rahang yang tidak tirus. Aplikasikan contouring atau shading di samping hidung untuk merampingkan, di bawah tulang pipi untuk menegaskan tulang pipi dan di rahang untuk ilusi wajah lebih tirus. Jangan lupa blend like there's no tomorrow supaya hasilnya halus, tidak ada garis tajam yang tidak alami.

12. Blush On
  • Blush on digunakan untuk mencerahkan wajah. Kenali wajah kita dengan baik, pilih warna yang tepat untuk kulit wajah kita. Pilih warna yang cocok untuk undertone kulit kita supaya dengan pemakaian blush on kita terlihat segar dan berseri, pemilihan warna yang salah bisa membuat kulit kita terlihat kusam.

13. Lipstick & Lipgloss
  • Aplikasikan lipstick dan lipgloss warna pinky peach untuk mendapatkan kesan fresh.

Catatan: Mrs. Riva menyarankan untuk mengaplikasikan eye makeup lebih dahulu sebelum wajah adalah karena di kursus kali ini banyak para pemula dan aplikasi eye makeup sangat tricky apalagi pada penggunaan eyeliner. Jadi berjaga-jaga if anything goes wrong with the eye makeup, misal nya eyeliner nya belepotan atau alis kanan kiri tidak sama dan perlu dihapus, tidak mengganggu makeup wajah. Dan supaya fall out atau rontokan dari eyeshadow lebih mudah di bersihkan.



Pada event ini juga di pilih satu peserta beruntung yang berhak mendapatkan produk Beauty Blender senilai IDR 350.000. Selamat ya, semoga semakin rajin berlatih dengan Beauty Blender.


Thank you so much Rever Academy and team, Mrs. Riva Tamara, Mrs. Marina Adia Indra dan Beauty Blender Indonesia atas kesempatan nya untuk datang dalam beauty class ini. Sukses selalu :)


with Rever Academy team

Last but not least, some photos of the event. See you on other event folks ;)










 with some of the participants





Share:

0 comments

Hi thank you for visiting. It'll be nice to hear feedback from you :)