Dampak 5S Pada Kesehatan Kulit



 Hi ladiess.. i'm back with another post.

Bertambah usia yang hampir menginjak 30 tahun membuat saya semakin concern dan peduli dengan kesehatan, terutama kesehatan kulit. Ngga mau kan belum2 udah keriput dan kusam di sana sini..
Terlebih lagi buat ibu-ibu yang sejak berhenti menyusui dan kembali  mengalami beberapa perubahan hormon misalnya karena menstruasi. Jerawat jerawat kembali mengganggu. Belum lagi, kulit yang kelihatan kusam dan mulai ada fine lines di deket mulut dan di area mata!  Jadi makin parno deh lihat kulit sendiri. Belum usia 30 tahun-an tapi kenapa kondisi kulit udah begini yah?

Setelah baca-baca nih guys, ternyata ada 5 hal yang mempercepat penuaan pada kulit.  
5S : Stress, Sleep, Sun, Sugar dan Smoke.   

·        Stress; Stress secara ngga langsung berdampak pada kesehatan kulit lho, ladies. Menurut penemu dan kepala peneliti dari Logical Images, New York, Dr. Art Papier stress juga berdampak buruk pada kulit. Ada korelasi langsung antara stress dan penuaan kulit. Stress membuat tingkat hormon kortisol meningkat (hormon ini sering kali disebut sebagai hormon stress). Dengan meningkatnya kortisol, maka akan merusak kolagen dan menyebabkan peradangan pada sel kulit. Hasilnya, muncul jerawat dan keriput dini di wajah. Ngga Cuma itu, stress juga mempengaruhi sistem imun, yang bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit kulit menular.

·        Sleep; Kurang tidur juga berdampak sekali pada kesehatan kulit. Dampak yang nyata adalah timbulnya kantung mata, area bawah mata menghitam, kulit kusam serta fine lines. Tapi, ternyata saat tubuh kita kurang tidur, tubuh kita melepaskan lebih banyak hormon stres atau kortisol. Dalam jumlah yang berlebihan, kortisol dapat memecah kolagen kulit atau protein yang membuat kulit tetap halus dan elastis. Kurang tidur juga dapat menyebabkan tubuh lebih sedikit mengeluarkan hormon pertumbuhan.

·        Sun; Matahari memiliki sinar UV yang tak hanya membahayakan mata tetapi juga rambut dan kulit, karena memiliki banyak radikal bebas yang mampu merusak organ tubuh terutama kulit kita. Banyak sekali dampak buruk dari sinar UV pada kulit kita, seperti membuat kulit kusam, menyebabkan timbulnya bintik-bintik coklat atau hitam pada kulit, merusak kolagen pada kulit yang membuat kulit cepat keriput, menggelapkan warna kulit, memicu penuaan dini atau bahkan bisa menyebabkan kanker kulit!

·        Sugar; Terlalu banyak mengkonsumsi gula juga berdampak buruk pada kulit. Sebuah penelitian yang dilansir Stuff, gula putih berpotensi menyebabkan penuaan dini dan kulit keriput , sama buruknya dengan paparan sinar matahari secara langsung mengenai kulit yang juga dapat menyebabkan penuaan dini dan kulit keriput. Michele Chevalley Hedge, ahli nutrisi dari Sydney, Australia mengatakan, terlalu banyak mengonsumsi gula putih bisa membentuk molekul-molekul yang bisa merusak sel tubuh. Molekul berbahaya ini disebut advanced glycation end products (AGEs); merusak kolagen dan elastin -komponen penting yang menjaga kulit tetap muda dan kenyal. AGEs juga bisa mengurangi kadar antioksidan dalam tubuh. sehingga terhindar dari penuaan dini dan kulit keriput.

·        Smoke;Polusi udara mengandung partikel kecil yang dapat masuk ke dalam pori-pori dan kulit. Akibatnya, usia kulit menjadi prematur dan mengakibatkan jerawat serta kulit kusam. Menurut penelitian Universitas Heinrich-Heine di DÃsseldorf, Jerman, sap polutan menyebabkan kerusakan kulit dan munculnya flek-flek hitam. Kerusakan ini juga sebanding dengan paparan asap rokok pada kulit. Bukan lagi rahasia kalau polusi adalah sumber radikal bebas yang akan merusak kulit dan kemudian berefek penuaan kulit. Walaupun laporan yang ada menyatakan kalau polusi di Amerika Utara dan Eropa telah berkurang atau menghilang, berkat peraturan ketat dari pemerintah mengenai emisi, di Asia justru meningkat pesat, yang disebabkan penumbuhan penduduk yang sangat tinggi, dan telah melebihi Amerika Utara dan Eropa. Polusi yang meningkat adalah satu lagi penyebab stres mengkhawatirkan yang bisa menyebabkan tanda penuaan muncul lebih awal dari yang seharusnya.


5 hal di atas  adalah penyebab utama penuaan dini, yang mungkin kita ngga sadari.
Dan ternyata dampaknya mencemaskan ya?
Aku sendiri juga sehari-hari sering kurang tidur dan sering kecapean yang berakibat stress.
Being a full time wifey and mommy is not an easy job, apalagi anak aku juga termasuk yang super aktif, yang jagain nya bener2 menguras tenaga. Karena capek yang menumpuk dan jarang punya “me time”, akhir nya aku sering stress sendiri dan kadang kangen juga sama masa-masa waktu masih single :p
Selama ini aku sendiri ngga menyangka kalo stress yang aku alami itu juga berdampak sama kesehatan kulit. Ternyata stress, baik emosional maupun fisik, sama2 jelek dampak nya.
Jadi mau di rawat serajin dan sebagus apapun kalo kita stress, ngga akan memberi hasil yg baik.
No wonder kulit ku makin hari kondisi nya makin jelek.

Di jaman sekarang yang menuntut kita untuk selalu kelihatan cantik dan muda ini, apa ya yang harus kita lakukan untuk menghindari penuaan dini? Selain menghindari 5S tadi, perawatan luar pun penting loh. But I wonder, apakah perawatan kulit aku yang sekarang udah cukup membantu mengatasi problem-problem kulit ku yah?


Share:

0 comments

Hi thank you for visiting. It'll be nice to hear feedback from you :)